Senin, 11 Februari 2019

MUSANGKING, RAJANYA DURIAN YANG MENGGIURKAN




Enam tahun yang lalu seorang teman menjual buah durian musangking import dari malaysia dengan harga Rp. 160.000 per box dengan berat hanya 400 gram. Saya hanya menyeringai, karena terlalu mahal hanya untuk sebuah durian yang tidak seberapa banyak.

Tapi yang namanya juga rajanya buah, maka harga durian ini bukannya turun, malah semakin menggila. Sempat ramai beredar harga di supermarket per kilonya mencapai Rp. 100.000, atau kurang lebih harganya Rp. 300.000 per butir. Bukan hanya itu, seorang petani yang sudah memanen buahnya, menjualnya di kebun dengan harga Rp. 250.000 per buah dengan ukuran 3 kg. Dan... semuanya itu laku atau habis terjual.

Hingga saat ini pamor durian Musangking tidak juga surut, ditengah banyaknya varietas lain yang sebenarnya tidak kalah soal rasanya dengan musangking. Alhasil...banyak para petani mulai melirik menanam durian jenis ini. Apalagi saat ini China merupakan negara yang paling banyak mengimport durian dari Asia Tenggara.

Hitung-hitugan bisnis durian musangking memang menggiurkan, sama menggiurkan dengan rasa buahnya. Coba kita hitung bersama; 1 pohon durian pada umur 4- 5 tahun setelah tanam bisa menghasilkan kurang lebih 100 butir buah. Bila dirawat dengan baik dan setahun bisa menghasilkan buah sebanyak 200 butir. Dengan harga di kebun Rp. 250.000 per butir, maka per tahun orang akan dapat Rp. 50.000.000 dari 1 pohon durian atau Empat Juta Rupiah per bulan dari kerja pengangguran urus satu pohon durian. Nah... bagaimana kalau punya 10, pohon ? 50 pohon ? Atau 1 hektar ( sekitar 200 pohon)?. Wow... Trilyunan bro...

Namun tentu saja, perlu perawatan yang baik dan bibit unggul yang bagus. Tanpa usaha dan kerja keras dan hanya ikut-ikutan ingin jadi kaya 5 tahun lagi, maka hasilnya tidak akan maksimal. Perlu permodalan yang cukup, pekerja yang dapat dipercaya, konsultan yang pengalaman dan semangat kerja yang baik. Sehingga apa yang diusahakan benar-benar akan berhasil. 

Kami siap membantu anda bila ingin menanam durian musangking ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar