Minggu, 03 Juni 2012

Teka-teki tentang APEL DATARAN RENDAH dan MANGGIS VARIGATA

Pernah lihat pohon dengan batang dan daun seperti ini?  Tentu banyak orang yang menjual tanaman ini dengan mengenalkannya dengan nama apel dataran rendah.  Awalnya sih saya percaya saja, tapi berkali-kali mencari literatur tentang apel dataran rendah ternyata sulit juga.

Suatu kali saya hendak membeli tanaman pir kuning dan pir coklat, eh ternyata tanaman pir kuning yang diberikan bentuknya sama seperti pohon apel dataran rendah tersebut.

Katanya pir ini warnanya putih dan renyah.
Waktu saya cari literatur tentang tanaman pir, saya juga tidak menemukan pohon yang seperti ini.

Dengan perjuangan yang tak kenal lelah, karena saya juga tidak mau menjual tanaman yang tidak jelas namannya, varietasnya atau buahnya yang bagaimana.  Masing-masing si penjual cuma bilang buahnya kayak gini atau kayak gitu,  lha...yang pastinya itu bagaimana?

Akhirnya saya mencari tanaman ini dari gambar daunnya dan....   namanya adalah  pitch apple !
Hahahaha....  mungkin itulah sebabnya ada orang yang menamakan tanaman ini adalah apel dataran rendah, karena memang tanaman ini adalah tanaman tropis.
Kalo ada yang bilang tanaman ini adalah pear, mungkin wajar juga karena si penjual tidak bisa membedakan mana pear dan mana pitch....

Jadilah seperti ini, tanaman ini punya dua nama; pear putih  dan apel dataran rendah.
Mau tahu buahnya?



Inilah foto buahnya!  Namanya pitch apple, tampak serupa dengan manggis.  Nama latinnya adalah  clusia.  Ada clusia rosea, clusia lanceolata, clusia major, clusia minor dan clusia lanceolata varigata (ini yang disebut sama tukang tanaman manggis varigata atau manggis kuping gajah).

Anda bisa melakukan penelusuran di google dengan nama-nama itu...


Nah.... ini yang namanya clusia lanceolata varigata, yang oleh penjual tanaman disebut sebagai manggis  kuping gajah atau manggis varigata. Memang karena buahnya sama dengan clusia, yang mirip dengan manggis, mungkin itu alasannya tanaman ini disebut manggis putih

Masalahnya sekarang buah tanaman ini dimakan atau tidak?
Enak gak ya tanaman pitch apple atau balsam apple ini.....?


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar