Rabu, 20 Juni 2012

MENJUAL BUAH DI PAMERAN


Mungkin hampir semua orang yag mencintai dan mengoleksi tanaman suka mengunjungi pameran-pameran flora dan fauna, dimanapun itu di selenggararakan.  Demikian juga halnya para pemilik nursery, selalu membuka stan dimana saja untuk menjual produk dagangannya.
ANGEL NURSERRY, tidak ketinggalan juga, meskipun produknya lain dari yang lain, karena banyak menjual tanaman langka atau tanaman yang baru di publikasikan.
Berbeda dengan stan tanaman buah ataupun tanaman bunga lainnya, kadang-kadang ANGEL NURSERRY lebih sering sepi pengunjung, karena yang datang ke stan ini kebanyakan para kolektor daripada pencinta tanaman biasa.
Iri juga sih...
Tapi bukan itu masalahnya yang mau dibahas disini.

Anda tentu sering melihat di pameran-pameran, pohon-pohon yang lebat buahnya bahkan pohon-pohon yang semestinya belum berbuah saat itu alias belum musimnya.   Jangan heran!  karena mereka menggunakan ZPT yang bernama paclabutrazol , sebuah zat kimia yang bisa merangsang tumbuhan berbuah diluar musim (lihat pada artikel"membuahkan tanaman di luar musim").

Si pembeli senang saja karena dapat membeli tanaman yang sedang berbuah lebat, dan tentu harganya berlipat-lipat ganda dari tanaman yang belum berbuah dengan ukuran yang sama.  Sayangnya pembeli menyadari setahun kemudian, dua tahun kemudian bahkan lima tahun kemudian, karena tanaman yang mereka beli tidak bisa lagi berbuah walaupun sudah musimnya. Dan mereka tidak menyadari sebelumnya kalau tanaman yang mereka beli bisa saja mati setelah berbuah atau bahkan tidak bisa bertumbuh sampai sekian tahun.

Itu adalah akibat dari zat yang bernama paclabutrazol tersebut.
Tapi kalau anda memang menyukai tanaman-tanaman yang seperti itu, anda bisa mendapatkannya dengan murah di daerah Lembang, Bogor bahkan Jakarta.  Tapi yang paling banyak terdapat di Lembang, sehingga para penjual tanaman dari daerah lainpun membeli tanaman yang seperti itu disana.

Residu zat paclabutrazol baru bisa hilang dari tanah media tanam setidaknya setelah 2 tahun (anda bisa membaca artikel terkait mengenai zat ini)

Jadi...apakah anda senang membeli buah di pameran?
Beli saja pohonnya dengan harga murah dan buahnya di pasar juga dengan harga murah! Gak usah beli buah di pameran tanaman.

Seni membuahkan tanaman itu indah dan menyenangkan, mari kita belajar dengan arif bukan hanya ingin menikmati sesuatu dengan instant, yang pada akhirnya dapat merugikan kita semua.

Seorang penjual tanaman berkata kepada saya tentang pohon mangganya yang sedang tidak berbuah saat di pameran, "Ini tanaman afkir, sisa pameran tahun lalu, mudah-mudahan ada yang beli...!"
Ya, itulah sebutannya bagi kami, tanaman yang pernah dirangsang dengan paclabutrazol disebut tanaman afkir karena susah berbuahnya lagi kalau tidak dirangsang kembali, tapi kalau dirangsang lagi takut malah mati.

Tapi tidak semua tanaman menggunakan paclabutraol, tanaman-tanaman yang tidak mengenal musim alias berbuah sepanjang tahun jarang menggunakan zat ini.  Hanya tanaman jenis mangga yang banyak menggunakan zat ini, meskipun itu tanaman yang dapat berbuah sepanjang tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar