Rabu, 29 Februari 2012

BUNGA-BUNGA WANGI ( AROMATIK )

Menanam bunga kadang bukan hanya untuk dilihat keindahannya saja tapi juga aromanya yang khas, berikut ini kami tuliskan beberapa bunga yang aromanya khas bahkan wanginya menyengat, sehingga bisa mengharumkan ruangan rumah anda meskipun di tanam pada halaman rumah.
1. Bunga Mei Hua, namanya saja memang masih asing, sehingga mencari fotonya di internet susah didapat. Karena itu saya memoto sendiri bunganya dan diupload ke blog ini. Pohonnya seperti pohon bunga mickey mouse (kalau anda pernah lihat),tepi daunnya bergerigi dan daunnya kasar sedikit tebal, bisa menjadi tanaman yang besar. Aromanya segar menyengat walau bunganya kecil-kecil sekali.                                                                                                    

2. Bunga Ang Siau, ini adalah bunga yang rajin berbunga meski tanamannya masih kecil, dengan bentuk bunga seperti cempaka putih gondok yang menghadap ke atas.  harumnya segar seperti aroma buah masak,memang agak sulit  menjelaskan aromanya seperti apa.
Dengan bunganya yang putih dan besar, tanaman bunga ini indah juga sebagai hiasan taman. Sayang, belum banyak orang yang mengenal dan mengoleksi bunga harum ini.


3. Cempaka Kantil putih, saya pernah memetiknya sekuntum dan dibawa ke dalam ruangan, alhasil, sekuntum bunga yang telah layu ini mengharumkan ruangan itu selama dua hari, fantastis! Tanaman bunga ini banyak dihasilkan dari biji atau dari okulasi dan termasuk tanaman yang rajin berbunga walau pohonnya bisa besar dan menjadi tanaman pelindung juga. 

4. Arumdalu, namanya juga masih asing bagi banyak orang. Di pameran-pameran saja, bunga ini paling dijual oleh satu atau dua stan saja. Padahal aroma bunga ini harum sekali, bahkan bisa meluas hingga radius bermeter-meter dari pohonnya, apalagi pada malam hari.  Keistimewaan bunga ini adalah tidak mudah rontok, bisa tahan berhari-hari pada tangkainya. Bila siang bunga ini kelihatan layu atau kuncup tapi sore sampai menjelang pagi bunga ini akan mekar lagi dan mengeluarkan aromanya, sehingga banyak orang mulai menyebutnya bunga sedap malam.
5. Melati Pandan Wangi, sesuai namanya bunga ini beraroma pandan. Tumbuhan merambat ini aroma bunganya bisa tercium harum pada siang dan malam hari. Bila dirawat dengan baik, setiap ruas batang akan menghasilkan bunga,sehingga pohonnya akan penuh dengan bunga-bunga yang berwarna putih. Tentu saja dengan banyaknya bunga pada dahan semakin manambah aroma pandan wangi yang lebih kuat lagi. Bila orang tidak suka dengan aroma bunga-bungaan yang menyengat, tampaknya aroma pandan wangi akan cocok untuk mengharumkan rumahnya. 
6. Melati Jasmine, saya juga tidak tahu apa nama asli melati ini, tapi demikian banyak orang memanggilnya, memang masih belum banyak yang menjual bunga ini. Pohonnya berbatang hijau dengan daunnya yang kecil-kecil, tidak seperti melati umumnya, tapi soal aroma, tak kalah harum bila dibandingkan dengan melati. Mungkin karena aroma dan bentuk bunganya yang mirip melati sehingga tanaman ini disebut juga 
dengan nama melati.


 7. Gardenia Corinata, sebenarnya hampir semua gardenia harum baunya, namun karena kebanyakan bunga gardenia berwarna putih cerah, maka saya memilih gardenia corinata sebagai unggulan. Selain karena aromanya yang sedikit berbeda, tentu saja bunganya yang berwarna kuning yang unik dengan memiliki 7 mahkota bunga. Tanaman ini belum termasuk tanaman umum karena masih jadi tanaman para kolektor saja, sehingga wajar bila sulit didapat di tukang kembang di pinggir jalan.

8. Bunga Kemuning. Bunga ini adalah termasuk tanaman yang disukai aroma bunganya, karena harumnya yang berbeda dengan bunga lain dan jangkauan wanginya yang lumayan jauh.
Berbunga sepanjang tahun baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi.
Selain bisa ditanam di pot, pohonnya juga bisa dibentuk dan dibonsai. Umumnya dahulu, tanaman ini hanya digunakan untuk pagar depan rumah sebagai batas dan pengharum udara.


9. Bunga Parijata atau Srigading, berasal dari India dan umumnya digunakan oleh umat Hindu sebagai wewangian.
Bunga ini berbunga tiada henti dan aromanya yang wangi dan unik memberikan kesan yang nyaman. Sekalipun telah layu bunga ini tetap menebarkan aromanya.
Biasanya orang menanam di taman atau juga di dalam pot.
Karena bunga ini tergolong langka dan unik, tidak semua orang mengenalnya, bahkan tukang tanaman bunga sekalipun.
Selain perbanyakannya yang sulit, pertumbuhan pohon ini lambat karena terus berbunga, sehingga harga bibit pohon ini lumayan mahal juga.

10. Bunga Tongkeng, bunga ini berasal dari Malaysia dan tergolong tanaman langka. Uniknya bunga ini bisa dimasak sebagai makanan dan rasanya gurih, seperti halnya bunga durian.
Aroma bunga ini memang unik, berbunga merambat pada pohon atau tanaman hidup.
Bisa berbunga di dataran rendah maupun dataran tinggi.
Umumnya di rambatkan pada pagar atau digunakan sebagai gate pada taman.
Berbunga sepanjang tahun




4 komentar:

  1. pengalaman bapak yg paling wangi yg mana pak?

    BalasHapus
  2. pada malam hari arumdalu paling menyengat, siang tidak.
    mei hua wanginya lembut
    pandan wanginya seperti pandan
    gardenia cukup menyengat siang dan malam
    masalah wangi tergantung selera aromanya pak

    BalasHapus
  3. Kalau Cestrum apakah arumdalu ?

    BalasHapus