Minggu, 25 September 2011

Membuat Tabulampot

Membuat TABULAMPOT, bisa dibilang gampang-gampang susah. Semua orang juga bisa membuatnya tapi membuahkannya dan merawatnya tidak semua orang dapat melakukannya. Karena itu angel nurserry menerbitkan cara membuat dan merawat Tanaman Buah dalam Pot ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi semuanya.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat TABULAMPOT, yang pertama adalah pemilihan bibitnya. Usahakan tanamannya sesuai dengan iklim dan daerah setempat.   Jangan sampai tanaman dataran tinggi ditanam di dataran rendah. Bibit yang hendak ditanam,walaupun kecil tapi usahakan yang telah cukup umur sehingga tidak menunggu lama untuk membuahkannya, apalagi harus menunggu sampai tahunan, wah malah tidak semangat lagi membuatnya. Angel Nurserry sengaja menyediakan tanaman yang cukup umur untuk dibuahkan, misalnya lengkeng, walaupun baru setinggi 80-100cm tapi sudah bisa berbunga/berbuah karena sudah 2 tahun umurnya.

Yang kedua pilihlah tanaman yang bagus dan mudah berbuah di dalam pot, lebih bagus lagi tanaman yang tidak mengenal musim sehingga bisa berbuah terus sepanjang tahun. Berikut ini kami berikan referensi tanamannya:
1. Aneka macam jeruk; jeruk nagami, kintan, kip, keprok
2. Jambu Jamaika
3. Jambu Air
4. Jambu Biji
5. Lengkeng
6. Mangga ; Okyong dan Chokanan
7. Srikaya
8. Delima
9. Apel putsa
10.Belimbing
11.Rambutan (musiman)
12.Strawberry
13.Rasopberry
14.Mulberry
15.Strawberry guava dan cerry Guava
16.Beach Cerry
17.Jaboticaba
18.Miracle
19.Sawo
20.Kedondong Bangkok
21.Tin
22.Nangkadak, nangka mini
23.Buah Naga
Dan banyak lagi tanaman lainnya.
Kecuali rambutan, semua tanaman itu dapat berbuah tanpa musim. Bagaimana kalau durian? Durian tidak dapat berbuah dalam pot! Jambu Jamaika agak sulit dibuahkan bila ditanam di tanah, jadi lebih mudah bila ditanam dalam pot.
Yang ketiga, pemilihan pot. Sesuaikan besar tanaman dengan ukuran pot. Minimal tanaman kecil seperti jeruk dan apel putsa sudah harus ditanam di pot 40, lengkeng, mangga, rambutan yang tinggi 150cm up harus ditanam dalam pot 60, 70, 80 atau dalam drum.

Yang keempat, media tanam, ini sangat penting. Media tanamnya diusahakan harus gembur sehingga mudah diganti dan saat penyiraman air mudah terserap akar dan pupuk pun dapat mudah mengenai akar tanaman. Jadi gunakanlah pupuk kandang, sekam dan sedikit tanah. Bisa 1:1:1, atau pupuk kandangnya dinaikan jadi 2:1:1. Setidaknya setahun sekali paling lambat media tanam harus diganti sebagian dengan penambahan pupuk kandang. Di beri pupuk NPK, setidaknya 1-3 bulan sekali,minimal 1 sendok makan di sekeliling tanaman. Lebih bagus lagi gunakan pupuk organik atau hayati supaya hasil bisa maksimal dan media tanam tidak mengeras.

Yang kelima, pangkas tanaman supaya indah tajuknya sehingga pada saat berbuah indah dilihat. Jangan biarkan tanaman menjadi terlalu tinggi, karena semakin tinggi tanaman akan semakin sulit merawatnya, mungkin juga akan menjadi tidak cocok lagi bila ditanam dalam pot.

Yang keenam, siram setiap hari, bila sedang berbunga atau berbuah pada musim kemarau,penyiraman dapat dilakukan 2 kali sehari supaya bunga dan buah tidak rontok.



Yang ketujuh, jangan serakah! Sesuaikan jumlah buah yang hendak dibesarkan dengan besar tanaman. Jadi jangan sayang memangkas bunga atau membuang buah yang ada, pilih saja buah yang bagus dan beberapa saja pada tangkainya. Kalau tidak, bisa-bisa buahnya akan kecil-kecil atau bahkan malah rontok semua karena kekurangan zat makanannya. Maklum terbatas dalam pot. Untuk lengkeng dan rambutan bisa dibiarkan saja tanpa harus dibuang buahnya sebagian. Tapi untuk yang berbuah besar seperti manggga, buah naga, belimbing, anda harus melakukannya.

Selamat mencoba.
(Konsultasi gratis via sms dan email di angel nurserry)

1 komentar:

  1. bagi pemula memang susah mas biar cepet keluar bunga, padahal perawatan rutin, dah pake NPK yg kandungan P & K nya tinggi, di siram 2 x sehari, tetep gk brbunga malah tunas daun yg timbul. Kata temen pake GA3 aja di siram'y biar brbunga.. Nah saya belum tau cara penggunaannya mas.. Tolong dong saya minta pencerahan'ya cara aplikasi GA3... Beserta dosis pakai'y.. Wslm...#bettay labuan pandeglang.

    BalasHapus