Jumat, 20 Mei 2011

tanaman langka



TANAMAN BUAH LANGKA
Inilah yang namannya buah zaitun,tanaman yang masih langka di Indonesia. Namun sekarang banyak diburu orang,karena walaupun tidak berbuah di Indonesia tapi daun dan batangnya masih bisa di manfaatkan sebagai obat herbal. Seandainya saja di negeri ini,tanaman ini bisa berbuah tentu prosfek ke depan akan sangat menjanjikan,karena minyak zaitun sangat mahal dan kegunaannya banyak sekali. Industri kecantikan dan farmasi sangat membutuhkan minyak zaitun,ektrak daun dan batang pohon zaitun. Kita berharap aka nada penelitian lebih  dapat berbuah.   Nah...kalau buah yang dibawah ini namanya grumicama atau juga disebut pitomba ungu(gbr 2). Asalnya dari Brasil dan sedang dikembangkan di Indonesia. Masih langka dan baru beberapa orang saja yang membudidayakannya di Indonesia,hanya kurang lebih 3 orang.  Karena itu bibit tanaman ini masih mahal,sekitar empat ratus ribuan per pohon ukuran 1,5 meter. Buahnya disebut juga cerry Brasil atau cerry spanyol,rasanya manis,bentuknya seperti guava tapi jenisnya cerry. Ada juga pitomba yang berwarna kuning,orang menyebutnya yellow pitomba.
 Tanaman langka lainnya adalahBrazilian guava. Di Indonesia dikembangkan Brazilian guava merah dan kuning. Pohonnya sama seperti grumicama,hanya batangnya saja yang agak berbeda. Buahnya seperti guava,rasanya manis sedikit asam.
Tanaman ini sudah lama dibudidayakan tapi belum populer. Selain grumicama/pitomba,Brazilian guava pun bisa ditanam sebagai tanaman hias atau ornament pada taman karena pohonya bisa dibentuk dan bunganya indah dipandang(gbr 3,4)

Kalau yang ini namanya alpukat jumbo Hawaii, dikembangkan oleh Bapak Prakoso dari Semarang,buahnya selain pulen dan manis,kulitnya dapat dikupas. Di sana ia memiliki 3 buah pohon induk dan dibudidayakan dengan cara sambung pucuk. Buahnya mencapai 2 kg/butir dan harganyapun sekitar dua puluh lima ribuan per butirnya, cukup mahal bila dibandingkan dengan alpukat biasa yang dijual delapan ribuan per kilogram dengan isi 3 buah. Prospek usaha alpukat Hawaii ini sangat menjanjikan.(gbr 7)

Siapa yang tahu anggur Berastagi?(gbr 6)  Nah inilah tanaman yang terkenal itu,yang bersal dari daratan China dan banyak dikembangkan di eropa.  Sayang di Indonesia baru dikenal hanya di Sumatera Utara saja, dan banyak dibudidayakan disana.  Padahal buahnya sangat potensial,harganya saja perkilo bisa mencapai diatas Rp. 40.000. Namanya adalah biwah atau loquat. Rasanya manis agak asam, kandungan vitaminnya C nya cukup tinggi.


Jaboticaba

Kalau ini adalah jaboticaba,disebut juga anggur Brasil(gbr 5).  Punya rasa yang unik dibuanya,pada 9 hari menjelang matang di pohon,setiap harinya ia memiliki rasa berbeda,setidaknya memiliki 7 rasa berbeda,seperti guava, manggis,leci,markisa,srikaya,anggur,jaboticaba,dan sirsak.  Dari tanaman biji bisa berbuah setelah 4-5 tahun. Perbanyakan dengan vegetative masih sulit dilakukan sampai saat ini,walaupun banyak literature yang menuliskannya. Buahnya masih langka dan di petani dijual sekitar seratus ribuan per kilonya. Namun kasiat buahnya tak kalah dengan zaitun,ia memiliki zat jaboticabein yang dipercaya sebagai anti oksidan dan pencegar kanker.

Biwah                 Alpukat Jumbo Hawaii

Pernah dengar buah matoa? Buah asli papua ini rasanya manis seperti lengkeng, genjah dan berbuah tidak mengenal musim. Buahnya di pasaran belum ada,dan di supermarketpun belum banyak di jual(gbr 8)
Ke depannya buah ini bisa menjadi buah unggulan seperti halnya biwah dari karo.




Banyak sawo yang kita kenal,tapi sawo kecik tetap termanis dan terharum dibanding dengan sawo-sawo luar negeri. Ini adalah gambar mamey sapote,sawo dari Mexico(gbr 9),ukurannya jumbo,masih langka dan belum banyak di jual karena harganya yang relatif mahal. Adapula abiu(gbr 10),disebut juga dengan nama sawo Australia, manisnya tidak terlalu tapi katanya bisa dijadikan sebagai herbal. Seperti halnya mamey sapote, abiu juga belum banyak yang menanam, padahal di taman-taman sering di jumpai tanaman ini.
Di Indonesia juga masih banyak tanaman langka lainnya yang belum banyak dikenal orang. Ada buah nam-nam(gbr 12),rasanya manis segar dan aromanya harum. Berbuah pada batang pohon seperti halnya nangka. Tapi mengenai nam-nam belum ada literatur mengenai kandungan gizi buah ini dan manfaatnya bagi kita. Walaupun demikian, buahnya tetap enak di makan dan cepat berbuah walau dari tanaman biji. Selain nam-nam,buah mundu juga belum belum populer di masyarakat. Buah yang manis segar ini memang banyak bergetah,jadi harus dicuci sebelum di makan supaya tidak menimbulkan iritasi ada bibir dan lidah(gbr 11)
Perhatikanlah masing-masing buah tersebut!
Dari India tak ketinggalan menyumbangkan tanaman yang bisa masuk ke Indonesia. Kalau Thailand terkenal dengan julukan 'bangkok'nya dan montong,dari vietnam ada sawo jumbo juga. Kalau dari India ada sebuah apel yang gampang berbuah dan rajin,bisa dijadikan tanaman hias juga. Umumnya orang menanam sebagai hiasan atau koleksi saja,belum ada yang mau mengebunkannya, padahal perawatannya lebih mudah dari pada pohon apel Malang.
(gbr 13)

9 komentar:

  1. Tanaman langka lainnya adalah : anggur laut, buah cinta dapat dipesan melalui sms atau telpon ke 089638140473 atau via email ke part.thesun@gmail.com, alamat : komp. Griya Soka Bogor Raya blok T3.C Bogor cp : parta

    BalasHapus
  2. pak saya mau tanya harga arumdalu
    Bisa di kirim ke jakarta ?

    BalasHapus
  3. arumdalu harga sampai jakarta berapa pak ?

    BalasHapus
  4. Bayar nya lewat mana mas?

    BalasHapus
  5. Mangga putih nya asal (seedling) itu bibit kan ? Sama kira-kira sudah ber umur & berapa tinggi nya ? Udah siap berbunga belum ?

    BalasHapus
  6. Berapa ongkos kirim jakarta ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. transaksi via call/sms aja pak ke 0896 3814 0473, biar cepat prosesnya.manggis putih sampung pucuk 1mtr,berbuah 3 tahunan lagi, bisa kirim ke seluruh indonesia

      Hapus