Senin, 23 Mei 2011

Bunga-bunga eksotik

Pernah mendengar nama arumdalu? Ternyata kebanyakan orang tidak tahu bahwa arumdalu adalah nama sebuah tanaman bunga. Walau bunganya kecil-kecil dan tidak menarik tapi jangan ditanya soal aromanya.  seluruh ruangan akan semerbak dipenuhi wanginya. Dalam radius 10 meter wanginya tetap menyengat. Dan wanginya hanya tercium menyengat ketika malam hari. Inilah bunga arumdalu itu.
Selain arumdalu ternyata banyak juga melati yang tidak kita kenal. Ada melati jasmine,malati pandan dan melati jati Belanda. Melati jasmine unik karena  bungannya kecil-kecil tapi tetap harum.  Kalau melati pandan,sesuai namanya beraroma pandan, dan melati jati belanda,bunganya seperti kecubung dan panjang berwarna kuning.  Sayang,belum ada literatur mengenai bunga-bunga ini sehingga sulit mempopulerkannya dan tak sempat mengabadikan foto bunga itu musim berbunga,jadi cuma bisa buat tulisan ini. Walau di kebun  angel nurserry banyak sekali tanaman ini.


Perhatikanlah pohon melati jati Belanda yang di sebelah kiri,daunnya besar dan merambat,sayang bunganya belum terlihat. Pohonnya saja indah untuk taman,apalagi kalau sedang berbunga dan bunganya menggelantung panjang. Yang sebelah kanan adalah melati jasmine




Yang ini adalah bunga melati pandan wangi,aromanya sedap dan tahan lama. Selain bunga-bunga melati,ada juga yang sejenis dengannya,yaitu bunga gardenia cardinata. Tergolong bunga yang masih langka juga karena selain belum populer,belum banyak orang yang mengembangkannya atau menanamnya sebagai tanaman koleksi. Di angel nurserry ada juga bunga koleksi lainnya yang belum dikenal orang yaitu plant of irian. Anda punya kesempatan menjadi yang pertama mengkoleksi bunga-bunga itu,karena membaca artikel ini. Selamat!


Tanaman yang sebelah kiri adalah gardenia cardinata dan yang sebelah kanan adalah plant of irian. Sedangkan bunga yang di bawah adalah bunga kantil,masih langka juga. sekuntum bunganya mengharumi ruangan bisa sampai pagi.

Berikutnya adalah gambar bunga gardenia, yang banyak dijumpai warnanya putih,tapi ada juga yang berwarna keuningan. Belum banyak orang mengoleksi jenis bunga ini,padahal harumnya sama dengan melati tapi rupa bunganya hampir mirip dengan mawar. Pohonnya berupa tanaman perdu sehingga mudah dirawat dan mudah dibentuk.  Dan bisa berbunga terus menerus tanpa kenal musim.                                                                 

2 komentar:

  1. saya ingin mencari bibit bunga kantil jika ada, email ke jessicaphizu@yahoo.com.my

    BalasHapus
  2. Ada, mulai dr ukuran 100cm, kantil putih, kantil kuning, magnolia ungu dan pink juga ada (jenisnya sama dengan kantil)

    BalasHapus